Featured Post

Rain Makes Everything Better

Seminggu terakhir ini benar-benar migrain melanda. Mau apa-apa jadi serba salah. Lalu kuteringat bagaimana hujan mampu membuat segalanya...

Home » » Grebe Si Penari Indah

Grebe Si Penari Indah

Beberapa hari yang lalu, saya menerima kiriman link video dari seorang teman. Durasinya tidak lama, kurang dari 2 menit. Video yang membuat saya menggali kembali pelajaran biologi di sekolah dulu, karena saking penasarannya. Oke kita nonton dulu sama-sama, yuk? Silahkan lampunya mau dipadamkan atau dibiarkan terang mengerlingkan mata



Pertama melihat video ini, saya berfikir itu adalah angsa. "Jenis angsa yang unik dan rada nyentrik nih,"pikir saya. Lihat aja tuh jambulnya. Tapi kata Luis, teman saya, itu Grebes, atau Somormujos dalam bahasa Spanyol. Karena penasaran dengan tarian si angsa eh Grebes, dengan menumpang pesawat jadilah saya menyambangi wikipedia. 

Grebe adalah anggota ordo Podicipediformes, jenis burung yang tersebar di banyak perairan air tawar yang kadang-kadang mengunjungi laut bila sedang bermigrasi di musim dingin. Ordo ini hanya memiliki satu famili, yaitu Podicipedidae, dan terdapat 22 spesies dalam 6 genus.

Ooo... ternyata bukan angsa ya? hehe

Grebe, Clark's Grebe
Clark's Grebe
Ukuran grebe bervariasi, dari kecil hingga menengah ke atas. Grebe terkecil, Least Grebe, berukuran 23,5 cm dengan massa 120 gram. Sedangkan yang terbesar, Great Grebe, berukuran 71 cm dengan massa 1,7 kg. Grebe merupakan burung perenang dan penyelam yang handal. Mereka memiliki kaki yang terletak jauh di belakang, dapat berlari untuk waktu yang singkat namun seringkali jatuh.

Bayangin aja grebe yang terjatuh saat berlari, lucu pasti. Tapi kalau soal tarian, jempol deh! Sayang video di atas singkat banget. Seperti mimpi indah lalu terbangun tiba-tiba. Maksa banget iih tersenyum lebar


Grebe memiliki sayap yang sempit, dan beberapa spesies dapat terbang rendah. Dua spesies di Amerika Selatan tidak dapat terbang sama sekali. Mereka merespon bahaya dengan menyelam daripada terbang.



Hmm... sayapnya sama seperti fungsi sayap pada pinguin, ya?
Eh, ada lagi nih fakta sejarah grebe. +Biologi kok lari ke sejarah 
menjulurkan lidah


Seluruh spesies Grebe di Amerika Utara dan Eurasia bermigrasi lho. Grebe kecil air tawar, Pied-billed Grebe, di Amerika utara bahkan migrantransatlantik ke Eropa dengan lebih dari 30 tempat tujuan. 
Black-necked Grebe, Grebe
Black-necked Grebe
Woo.. benar-benar pengelana yang unggul ya?
Dan yang menarik nih, 

Pada musim yang bukan musim kawin, grebe berwarna coklat gelap dan putih. Ketika musim kawin, grebe memiliki tanda berupa mirip chestnut di kepalanya, dan menampilkan ritual tertentu. Grebe muda, khususnya dari genus Podiceps, kadang-kadang merontokkan bulu-bulu muda mereka bahkan setelah mencapai ukuran dewasa.

Ketika membersihkan diri, grebe memakan bulu mereka sendiri dan memberikannya kepada anak-anak mereka sebagai makanan. Hal ini dipercaya untuk membiasakan grebe muda dengan menerima makanan yang halus terlebih dahulu dan untuk meningkatkan ketahanan tubuh mereka terhadap parasit lambung.

Grebe membuat sarang terapung dari material tanaman. Grebe muda bersifat precocial, mereka dapat berenang segera setelah keluar dari telur. Hebaaat!

Nah, itulah sekilas tentang Grebe, angsa eh burung si penari indah. Pengen tau lebih jauh?   Silahkan sewa pesawat sendiri aja ya? Saya sudah ngantuk nih. *Ngelirik jam, 12.50 AM, euy!

sumber dan gambar di ambil dari wikipedia
Share this article :

16 komentar:

  1. keren ya tariannya. bisa serasih gitu.. mantap banget, apalagi dengan adanya lampu yang di matikan, semakin menambah suasana wah.

    ReplyDelete
  2. wah, sekilas kirain angsa, angsa yang bisa menari... ternyata nama Grebe........ bisa menari pula..... ckckck...
    trims atas postingan yang sungguh menghibur dan jadi tambah wawasan deh saya...

    selamat bermalam minggu Liza...

    ReplyDelete
  3. @alaika abdullah Sama-sama, mba Alaika. Senang bisa menghibur :) Udah balik dari Betawi nih?

    ReplyDelete
  4. Ulasannya mantao sekali, dari video ke fakta2nya :)

    Keep positive blogging :)

    ReplyDelete
  5. kalau aku punya cinta, bisakan esok aku akan seperti mereka ya?

    ReplyDelete
  6. wah, saya jg baru tau nih.. thanks sharing pengetahuannya ya :)

    ReplyDelete
  7. Mba, blog Mba udah saya follow, mau gak follow balik? xixixi....

    Oh yaa... boleh tau pendpatan adsense nya Mba? punya saya baru daftar udah dibanned, goro-goro klik sendiri. nasiiib.

    ReplyDelete
  8. @Julak Sourie mau dooong :) sudah saya follow balik ya..

    wah,, itu sih rahasia! hehehe
    masak udah tau dilanggar juga ? :)

    ReplyDelete

Bebas komentar apa aja, asal sopan.
Tapi jangan nyepam. Ntar dihapus lho!

 
Copyright © 2013. Together We Share - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger