8 Cara Mudah Amankan Akun Facebook

Berawal dari pengalaman teman-teman yang sering dihack akun facebooknya, saya terinspirasi untuk membuat tutorial sederhana ini. Tutorial yang berasal dari pengalaman pribadi saya juga sih yang pernah mengalami hal serupa

Sebenarnya apa yang membuat akun kita menjadi tidak aman ? Simple aja ya, teman-teman. Sama seperti halnya rumah kita, kalau kunci yang kita miliki hanya seadanya, tentu mudah saja dijebol pencuri, bukan? Nah, tugas kita bagaimana membuat  pintu itu memiliki pengamanan berlapis-lapis agar pencuri tak bisa masuk.

Yuuk, kita langsung praktek 

1. Pilih Account Setting dari menu facebook di bawah

Setting Akun Facebook

2. Berikut pilhan pengaturan untuk mengamankan akun facebook 

Security Setting

3. Secure Browsing buat menjadi ENABLE

4. Login Notifications buat menjadi ENABLE.
Fungsinya untuk memberi tahu kita kalau ada yang login ke akun dari device atau perangkat yang tidak dikenal. Di sini ada 2 pilihan, apakah dikirim ke alamat email atau SMS. Boleh juga pilih kedua-duanya. Klik "Save Changes"

Login Notifications

5. Setting Login Approvals
Nah, kalau yang ini  fungsinya memberi keamanan berlapis. Penting untuk mengaktifkan Login Approval ini,  

Centang pada kotak seperti gambar di bawah
Klik "Save Changes" 

Login Approvals

Setiap kali facebook dibuka di tempat-tempat yang tidak dikenal, sistem akan mengenalinya sebagai "browser tak dikenal" dan akan meminta kode yang dikirimkan via SMS ke hape kita. 

Jika misalnya suatu saat teman-teman terpaksa harus membuka akun facebook di fasilitas umum, warnet misalnya, atau perangkat yang belum pernah digunakan untuk membuka facebook, pasti si Login Approval ini akan muncul

Jangan lupa untuk klik "Simpan Browser" jika memang perangkat adalah milik pribadi yang kita gunakan untuk mengakses akun facebook untuk pertama kali. Beri nama perangkat yang menandakan itu memang kita.  Tapi jika bukan perangkat pribadi seperti warnet, klik "Jangan Simpan Browser" 


6. Cara lain menggunakan Login Approvals adalah dengan menggunakan kode generator. Pilihan ini bisa digunakan kalau kita biasa mengakses facebook dari 2 tempat berbeda pada saat yang sama. Memang ada ya? :P Ada kook *tunjuk diri sendiri* hehehe 

Jadiii, misalnya niih. Teman-teman baru saja install ulang laptop sehingga semua histori browsing hilang. 
Harus mengulang Simpan Browser pastinya kaan? Mungkin saja saat itu sistem SMS lagi error sehingga kode tidak bisa dikirimkan, maka si kode generator inilah solusi alternatifnya.  

Code Generator

7. Setting Recognized Device
Berikut ini adalah daftar perangkat dikenal yang kita gunakan untuk mengakses facebook. Tersimpan di Recognize Device. Sistem tidak akan memberitahukan via SMS atau email jika kita login ke facebook melalui perangkat yang sudah tersimpan di sini. Jika menemukan perangkat yang tidak dikenal, klik REMOVE di samping device tersebut

Recognized Devices

8. Kelola Active Sessions 
Kalau yang ini hampir serupa dengan Recognize Device, hanya saja lebih detail infonya dengan lokasi. Jika memang tidak ada mengakses pada tanggal, perangkat, lokasi dan tipe perangkat yang tertera, klik End All Activity. 
Active Sessions

Demikian Cara Mudah Amankan Akun Facebook. Semoga bermanfaat. Tunggu artikel saya berikutnya tentang tema serupa  :)

Inspirasi bisa datang dari siapa saja
Tapi sugesti, hanya tumbuh dan berkembang dari dalam diri sendiri

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
December 8, 2013 at 11:19 PM delete

Nice post Mbak, boleh dicoba nih. Sekarang yang suka nghack mah teman-teman juga mau.

Reply
avatar
December 10, 2013 at 5:53 PM delete

Hehehe, memang sebagian besar keisengan dan kejahatan sering dilakukan oleh orang dekat. Trims atas kunjungannya yaa :)

Reply
avatar
December 10, 2013 at 5:56 PM delete

Alhamdulillah :) Trims atas kunjungan dan komentarnya yaa :)

Reply
avatar

Bebas komentar apa aja, asal sopan.
Tapi jangan nyepam. Ntar dihapus lho!